• PUBLIC STATEMENT RS MULTAZAM MEDIKA TERKAIT VAKSIN TIDAK RESMI

    Public Statement
    FOR IMMEDIATE RELEASE 16.07.2016
    PERNYATAAN PUBLIK RS MULTAZAM MEDIKA SEHUBUNGAN DENGAN HASIL AUDIT REKAM MEDIK PASIEN VAKSINASI

    Bekasi, 16 Juli 2016 - Bersama ini kami sampaikan informasi lanjutan terkait isu vaksin palsu yang telah mendera RS Multazam Medika baru-baru ini sebagai informasi lanjutan terhadap rilis media (press release) yang telah kami keluarkan sebelumnya.

    Pertama. RS Multazam Medika telah membuka posko layanan informasi khusus untuk melayani permintaan informasi media, pasien, dan masyarakat di nomor 0813 1922 8286 atau melalui email ke marketing@rsmultazam.com. 

    Kedua. Sesuai dengan arahan dan rapat dengan Kemenkes RI tanggal 15 Juli 2016 mengenai hasil uji vaksin oleh BPOM yang teridentifikasi palsu dan hasil penelusuran data-data internal, RS Multazam Medika telah melakukan 6 kali pembelian kepada CV Azka Medika dalam rentang waktu 30 Maret 2015 s/d 27 April 2016 (sehubungan dengan kelangkaan stok vaksin di distributor utama) dengan total purchase value sebesar Rp. 11,068,950,-. Audit Rekam Medik kami mengidentifikasi 11 orang anak yang positif terindikasi mendapatkan vaksin tidak resmi dari CV Azka Medika dengan hasil rincian akhir sebagai berikut:
    a Vaksin Pediacel kepada 11 orang pasien anak dengan inisial AM, NI, RAB, NNS, DAP, KAM, ANR, KAH, RPA, FK dan DA.
    b Vaksin Pediacel lain di luar yang tersebut di atas telah kami periksa dan berasal dari sumber yang resmi, yakni PT Merapi Utama Pharma.
    c Kami dilarang untuk mempublikasikan nama-nama pasien pada butir a & b di atas terkait Undang-undang Kerahasiaan Rekam Medis.
    d Kepada Keluarga 11 orang pasien tersebut di atas kami telah dan akan senantiasa membuka jalur komunikasi secara khusus dan intensif serta menyatakan empati kami terhadap musibah nasional ini.
    e Pasien yang telah maupun akan melaksanakan vaksinasi di fasilitas kesehatan yang kami kelola kami himbau untuk tetap tenang dan waspada. Silakan hubungi Posko kami pada nomor yang telah disebut di atas untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut.
     
    Ketiga. RS Multazam Medika dengan ini menjamin bahwa seluruh supplier vaksin dan farmasi yang bekerjasama dengan kami akan segera diaudit-ulang legalitasnya untuk melindungi pasien kami dan masyarakat luas. Audit tersebut akan kami laksanakan secara periodik dan menyeluruh untuk memastikan hal ini tidak terulang lagi di kemudian hari.

    Keempat. RS Multazam Medika membuka pintu kerjasamanya dengan para pihak yang terkait untuk bersama-sama menyelesaikan masalah ini. Para pasien dan masyarakat luas kami himbau untuk senantiasa tenang, waspada, dan bijaksana dalam menyikapi kekisruhan dan bencana nasional ini. Dengan I'tikad baik, kerjasama dan empati, insya Allah kita semua akan dapat menyelesaikan hal ini dengan baik.

    Demikian peryataan publik ini kami sampaikan, atas perhatian, kerjasama, dan kepercayaan yang diberikan kami ucapkan banyak terima kasih.

    Bekasi, 16 Juli 2016
    Direksi dan Manajemen RS Multazam Medika.