• Sejarah Singkat

    RS Multazam Medika (d/h Rumah Sakit Bersalin dan Balai Pengobatan Al-Multazam) adalah sebuah Rumah Sakit Swasta yang bernuansa islami di wilayah Bekasi Timur. Kami melayani kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda kasihi dengan senyuman dan keikhlasan tinggi sesuai dengan motto kami yakni "Sepenuh hati menyehatkan ummat".

    Bermula dari keprihatinan kami atas karut-marutnya dunia kesehatan di Indonesia, kami memulai 'azzam (keinginan yang sangat kuat) kami untuk turut serta membangun kesehatan insan Indonesia. Maka dengan berucap Bismillahirrahmanirrahim dan izin Allah SWT, pada tahun 2008 kami "sulap" sebuah Rumah Sakit Bersalin dan Balai Pengobatan Al-Multazam (berdiri sejak 1996) menjadi sebuah Rumah Sakit Umum. Nama Al-Multazam kami transformasikan menjadi Multazam Medika.

    Dan sejak saat itu, alhamdulillah Allah SWT selalu menguji kami dengan kegagalan yang sedikit dan keberhasilan yang banyak. Buktinya, kami terus berkembang dan menyempurnakan diri, meskipun secara hakiki yang bekerja sempurna adalah "tangan"  dan kekuatan Allah SWT. Tidak hanya dari segi fisik, dari segi mental dan spiritual pun kami tumbuh dan berkembang terus, bahkan melampaui apa-apa yang semula kami cita-citakan.

    Garis besar sejarah perjalanan kami tertera sebagai berikut:

    • 1996: Yayasan Al-Multazam yang dipimpin oleh dikelola oleh keluarga Bapak H Jalil membuka sebuah poliklinik kesehatan yang kemudian dinamakan Poliklinik Al-Multazam
    • 2000: Klinik Al-Multazam berkembang pesat dan ditingkatkan fungsinya menjadi Rumah Sakit Bersalin dan Balai Pengobatan Al-Multazam
    • 2002: Terbit Peraturan Menteri Kesehatan yang mengatur tentang Industri Kesehatan dan ketentuan praktek dokter. Sejak saat itu Yayasan Al-Multazam mengalami tekanan hebat.
    • 2006: RSB-BP Al-Multazam mulai ditawarkan kepada investor.
    • 2008: Bapak H Noerhadi Hamid, seorang pengusaha multi talenta asal Demak, Jawa Tengah, berhasil mengambil alih kepemilikan RSB-BP Al-Multazam melalui skema jual-beli. Yayasan Al-Multazam dibekukan dan sebagai operator RSB-BP ditunjuklah PT Multazam Medisindo sebagai pengelola. Nama RSB-BP berubah menjadi RSB-BP Al-Multazam Medika tak lama berselang.
    • 2009: Izin pembangunan Rumah Sakit terbit. Papan nama RSB-BP Al-Multazam Medika turun berganti RSU Multazam Medika. Pembangunan rumah sakit dan pengembangan kapasitas layanan dimulai.
    • 2010: Izin operasional RS terbit. Pada tahun ini sebagian besar agenda pengembangan rumah sakit mulai membuahkan hasil. Layanan medis operativ-invasif dalam Kamar Operasi (OK) mulai berjalan. Dr. Jati Satriyo pada tahun ini resmi dipromosikan menjadi Direktur Medis Rumah Sakit.
    • 2011: Turut aktif mengembangkan kegiatan kesehatan masyarakat lewat berbagai program-program sosial, keagamaan, maupun promosi kesehatan lainnya. Pada tahun ini pula kami menggelar banyak program promosi dan pengadopsian berbagai macam teknologi untuk menunjang efisiensi organisasi.
    • 2012: Layanan perawatan kritis (ICU - NICU, dan PICU) resmi dibuka. Layanan spesialis mulai dikembangkan secara agresif dengan titik tolak ada di rumpun Obstetri dan Ginekologi.
    • 2013: Ulang tahun ke 5 RS Multazam Medika ditandai dengan dimulainya era kerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Bekasi dalam program JAMKESDA, dimulainya program-program pemeliharaan jaminan kesehatan dengan pihak swasta, dan lain-lain.
    • 2014: Untuk bersiap menghadapi Jaminan Kesehatan Nasional/JKN, kami juga mengembangkan program-program pengembangan kapasitas karyawan, penyempurnaan fasilitas, serta legalitas kami pada Kementrian Kesehatan RI. Wacana terkait program akreditasi layanan RS terus digulirkan seiring dengan semakin tingginya tingkat kunjungan pasien.

    Di tengah organisasi yang sedang tumbuh, kami tetap percaya bahwa semua berawal dari niat. Keluhuran niat telah membimbing kami menemukan jalan keluar/solusi yang terkadang tidak disangka-sangka. Kami meyakini pertolongan pasti datang. Bahkan seringkali dari arah yang tak terduga-duga.

    Pun demikian, kami tidak boleh berpuas hati dan berbangga diri.

    Perjalanan masih panjang. Di tengah keberpihakan pemerintah yang masih minim kepada pelaku industri, struktur industri kesehatan yang timpang serta jurang pendapatan masyarakat yang makin melebar,  kami harus tetap mampu berlayar. Kesemuanya kami hadapi dengan hati yang tenang, pikiran yang jernih, dan kerja keras. Demi satu niat kami: berjuang di jalan Allah untuk kesehatan dan kemuliaan ummat Indonesia.

    Pernyataan Nilai/Value Statement

    Kami adalah Keluarga Besar RS Multazam Medika. Kami katakan apa yang kami pikirkan, dan kami kerjakan sesuai perkataan. Kami bangun loyalitas rekan sekerja, mitra, dan pasien kami dengan memelihara integritas dan kejujuran kami. Kami melayani siapapun seperti sanak keluarga kami sendiri.

    Kami adalah organisasi yang terbuka dan bersahabat. Kami menciptakan atmosfir terbaik untuk tumbuh dan berkembang bersama-sama. Kami sambut tantangan demi tantangan sebagai sarana untuk mengembangkan potensi kami dalam menyediakan layanan kesehatan yang paling manusiawi dan professional.

    Kami terikat oleh niat yang tulus untuk memberikan solusi kesehatan yang terbaik dalam melayani ummat. Masa depan mungkin terasa berat, dan masa kini mungkin terasa sulit. Namun kami berdiri di sini bersama-sama selamanya seperti biasanya. Berjuang di jalan Allah untuk bersama-sama merayakan ridha-Nya kelak.

    Ini bukanlah janji. Ini adalah kami.

     

    Abu Jonna,

    Jatimulya, 17.04.2013